Wednesday, December 5, 2018

Cara Membeli Mainan Online Secara Aman


Cara Membeli Mainan Online Secara Aman

Dunia internet yang berkembang sangat cepat adalah peluang dan juga sarana untuk mempermudah dalam mencari informasi. Informasi apa saja bisa diakses dengan cepat. Namun informasi yang didapat di internet harus dikroscek dengan beberapa informasi yang sama tentang kevalidan dari informasi tersebut. Berpegang pada satu informasi saja dalam sebuah masalah itu tidak bijak. Apalagi masalah agama, sangat tidak dianjurkan. Namun kita tidak akan membahas itu dalam artikel ini, kita akan bahas cara membeli mainan online secara aman.



Kalau Anda mau memesan mainan anak lewat online, perlu Anda perhatikan beberapa tips supaya tidak kena tipu dan juga kecewa. Kita akan bahas satu persatu-satu. Pertama adalah masalah penipuan. Harus kita akui, hingga saat ini banyak sekali kasus penipuan yang mengatanasnamakan jual beli di internet. Biasanya oknum yang melakukan penipuan online ada ciri yang bisa dilihat. Berikut ciri-cirinya.


Harga dibawah standar.

Kalau Anda melihat orang jual barang di grup jual, ada beberapa yang menjual dengan harga sangat jauh dari harga pasaran. Misalkan harga mainan perosotan anak pada umumnya 1 juta, tapi ada yang jual 300 ribu, dan itu baru. Sebagai orang waras, otak kita harus bekerja, masak iya ada barang dengan harga tak sewajar itu. Kalau lebih murah 50 ribu atau 100 masih normal. Ini pasti penipuan.

Hanya mau transfer, tidak terima cod.

Kalau ada penjual online yang tidak mau COD dan hanya mau lewat transfer saja, 95% itu penipuan. Apalagi tidak mau memakai rekber bersama dari marketplace yang sudah ada. Kalau penjual betulan, mereka tidak akan menolak untuk diajak ketemuan karena mereka memang punya barang yang dijual.

Alasan luar kota.

Untuk mengelabui korban, alasan dari seorang penipu online adalah barang dikirim dari luar kota. Jadi mereka memasang iklan di luar kota dengan harga yang tidak wajar, ketika ada calon pembeli dari kota itu, mereka suruh transfer uang terlebih dahulu baru barang dikirim. Percayalah, ini adalah penipuan.

Saran kami sebagai seorang yang punya pengalaman panjang dalam jual beli barang online. Sebelum membeli barang online, ada beberapa langkah supaya barang yang Anda beli bukan dari penipu.

COD. Sebisa mungkin Anda membeli barang dengan cara cash on delivery (COD). Ada barang ada uang. Maka membeli dalam satu wilayah atau kota lebih baik. Bisa melihat langsung barang yang Anda pesan. Kalau misal berada di luar kota, bisa meminta tolong teman atau kerabat yang ada di kota tersebut untuk melihat langsung. Kalau sudah oke, baru barang dibayar.

Web Resmi. Ciri lain penjual online yang tidak tipu-tipu adalah mereka punya web resmi dalam bentuk .com, .net, .id dan website berbayar lainnya. Mereka memiliki informasi yang lengkap tentang produk yang mereka jual, ada alamat toko atau produksi yang jelas, dan welcom untuk dikunjungi. Sudah pasti itu bukan penipu.

Bayar setelah barang datang. Ada beberapa produsen atau penjual yang mau melakukan transaksi seperti itu. Biasanya mereka punya armada sendiri. Tapi tidak banyak.

Itulah tips cara membeli mainan online secara aman. Ingat, penipuan bukan hanya masalah penipunya yang punya niat, tapi sering juga karena kekuranghatian kita dalam transaksi. Seperti yang kami sebutkan diatas, tergiur dengan harga murah atau terlalu mudah percaya ketika disuruh transfer untuk barang yang kita anggap cocok. Jika Anda membaca cara membeli mainan online secara aman, yakin saja Anda tidak akan kena tipu. Tentu jangan lupa berdoa juga, karena semua adalah karena kehendak Allah.  


No comments:

Post a Comment